peluang usaha
kursus bahasa inggris cepat

Proses Alami Perkembangan Manusia

Setiap manusia pasti mengalami perkembangan mulai dari lahir kemudian memasuki fase bayi, anak-anak, remaja, dewasa sampai pada akhirnya menjadi tua dan akhirnya mati. Semua fase ini akan dilalui oleh semua orang. Setiap fase tersebut mempengaruhi perubahan dan perkembangan seluruh aspek manusianya baik dari aspek fisik, psikis maupun intelegensia secara bersamaan. Contoh: secara fisik ketika kita masih bayi, kita baru belajar untuk merangkak dan berjalan.
Tentunya berbeda dengan ketika kita mulai beranjak menjadi anak-anak yang sudah bisa melompat, berlari dan juga bermain. Perkembangan secara fisik ini juga dibarengi dengan perkembangan psikis dan perkembangan intele-gensia. Ketika tumbuh menjadi anak-anak, kita mulai terampil berbicara, bernyanyi, senang berteman, pandai berhitung dan seterusnya.
A.   Beberapa Perubahan Yang Terjadi Pada Remaja
1.    Perubahan fisik
             Secara fisik, fase remaja adalah fase yang sangat penting sebagai tonggak menuju kematangan seseorang. Pada fase ini seorang remaja mengalami perkembangan fisik yang sangat pesat. Beberapa perkembangan fisik yang dialami antara lain:
a.   Perubahan fisik remaja putri:
1)  Mulai mengalami menstruasi
      Menstruasi sering juga disebut haid atau datang bulan adalah peristiwa di mana sel telur atau ovum lepas dari ovarium. Peristiwa pelepasan ini disebut ovulasi yang kemudian keluar berupa darah melalui saluran kencing. Frekwensi menstruasi normalnya terjadi setiap kisaran dua puluh delapan hari sekali. Di mana setiap kalinya terjadi selama tiga sampai delapan hari. Menstruasi menandai seseorang mulai beranjak dewasa dan matang fungsi-fungsi reproduksinya.  
2)  Membesarnya kelenjar payudara.
3)  Tumbuhnya rambut di daerah alat kelamin dan ketiak.
4)  Panggul yang semakin membesar.
b.   Perubahan fisik remaja pria:
1)  Mengalami mimpi basah, di mana seorang remaja putra mengalami mimpi sensasi seksual, biasanya berupa mimpi bersentuhan, duduk bersama atau mimpi melihat seorang wanita sehingga memicu keluarnya sperma untuk pertama kalinya. Sama seperti pada remaja putri, pengalaman mimpi basah remaja putra menandai bahwa seseorang mulai beranjak dewasa dan matang fungsi-fungsi reproduksinya. Peristiwa itu juga menandai perkembangan fisik yang luar biasa pesatnya yang dialami oleh seorang remaja putra.
2)  Tumbuhnya jakun di leher.
3)  Suara bertambah berat tidak lagi cempreng.
4)  Tinggi badan mengalami peningkatan pesat.
5)  Tumbuhnya rambut sekitar alat kelamin dan ketiak.
2.    Perubahan psikis pada fase remaja
             Selain mengalami perubahan secara fisik, pada fase ini remaja juga mengalami perkembangan dari aspek psikisnya. Perkembangan aspek psikis ini bersamaan seiring dengan kematangan fungsi-fungsi organ reproduksinya, antara lain:
a.   Mulai memperhatikan penampilan diri.
b.   Mulai tertarik dengan lawan jenis.
c.   Memiliki rasa ego yang tinggi.
d.   Mulai menunjukkan ke’aku’annya.
e.   Emosinya labil, mudah terpancing.
B.   Perkembangan Intelegensia Pada Fase Remaja
             Seiring perkembangan fisik dan psikis, seorang remaja juga mengalami perkem-bangan dalam aspek intelegensia atau kecerdasannya. Pada fase ini seorang remaja mulai mampu berpikir dengan berdasarkan pada logika atau dengan kata lain dapat berpikir secara rasional. Dalam setiap langkah yang diambilnya ia mulai bisa berpikir dengan masak mempertimbangkan baik buruknya, untung ruginya maupun konse-kuensi yang harus ditanggungnya atas suatu pilihan. Beberapa perkembangan kecerdasan yang dialami oleh remaja, antara lain:
a.    Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar.
b.    Mulai berpikir secara logis sebelum bertindak.
c.    Mudah menerima dan menyerap hal-hal yang baru.
d.    Lebih mengedepankan pemikirannya sendiri, sehingga terkadang ia sering terlihat suka membantah bila diberitahu.

 Bagaimana Harus Bersikap Menghadapi Perubahan di Masa Remaja Ini?
       Ketika mengalami berbagai perubahan yang fundamental, tentunya setiap orang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Mungkin muncul rasa ketidaknyamanan, kecanggungan bahkan kegamangan. Semua perasaan tersebut masih bisa dipahami dan sangat wajar. Setiap orang pasti butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan setiap perubahan, termasuk perubahan di masa remaja. Namun agar kalian bisa lebih cepat beradaptasi dengan perubahan itu, maka alangkah lebih baiknya bila kalian tidak menyimpan sendiri ketidaknyamanan yang kalian alami. Kalian bisa mengungkapkan kegelisahan kalian kepada orang terdekat kalian, misalkan kakak kalian. Dan bila kalian memiliki keingintahuan yang besar dalam suatu hal lebih baik kalian tanyakan kepada orang yang lebih tua dan punya banyak pengalaman, seperti guru atau orang tua kalian. Jangan sampai kalian mencari tahu pada pihak yang tidak tepat yang nantinya mungkin justru memberikan pemahaman yang salah  kepada dan membawa dampak buruk kepada kalian.

C.   Beberapa Permasalahan Di Lingkungan Remaja
             Perkembangan fisik yang terjadi secara alamiah, juga harus di barengi dengan perkembangan psikis yang memadai. Coba saja kalian bayangkan kalau seseorang yang terlihat dewasa secara fisik tetapi punya sikap dan kelakuannya seperti anak kecil.
             Kelihatannya secara fisik harus di topang dengan kematengan psikis. Sebagaimana penjelasan di atas, korban psikis juga dialami oleh remaja. Munculnya ego, keinginan untuk diakui, emosi yang meluap-luap harus mampu dikelola dengan baik agar lebih terarah dan tersalurkan untuk hal-hal positif. Untuk itu perlu kiranya bagi remaja seusia kalian untuk terlibat banyak dalam kegiatan-kegiatan positif baik yang ada dilingkungan rumah, seperti: organisasi karang taruna/remaja masjid, kerja bakti, dan sebagainya. Atau tentunya di sekolah kalian ada banyak alternative luas. Positif yang kalian masuki seperti kegiatan ekstra, osis, rohis, dan sebagainya. Dengan terlibat dalam berbagai kegiatan postif tersebut. Kalian akan terlatih untuk mengelola emosi yang benar, berlatih mandiri, belajar bergaul dengan orang lain sekaligus menjadi potensi dan bakat kalian.

Tips menghilangkan kecanggungan menghadapi perubahan fisik
  • Galilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perubahan yang akan kalian alami sebagai remaja.
  • Sadarilah bahwa setiap remaja seusia kalian akan mengalami perubahan tersebut, sehingga kalian tidak perlu malu atau canggung.
  • Sikapi secara positif perubahan yang kalian alami saat ini karena semua perubahan yang terjadi adalah proses alamiah yang dilalui oleh setiap orang.
  • Bertanyalah kepada orang tua atau guru kalian cara menyikapi setiap perubahan yang terjadi.
  • Nikmati dan syukuri perubahan yang terjadi karena perubahan ini
  • akan menghantarkan kalian menuju gerbang kedewasaan.

Sumber gambar : http://www.sarjanaku.com

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls